Apa Itu Ransomware? Ini Rahasia Hacker Lumpuhkan Pusat Data Nasional

0 0
Read Time:2 Minute, 59 Second

Apa itu Ransomware yang saat ini ramai diperbincangkan di Indonesia dan menjadi berita hangat karena melumpuhkan Pusat Data Nasional? Berita viral hacker yang mencuri data-data dari PDN tersebut sudah sampai ke mana-mana.

Bank Syariah Indonesia pun turut menjadi korban dari serangan Ransomware yang kini dianggap semakin mengkhawatirkan. Berikut pengertian Ransomware serta jenis-jenisnya yang paling sering ditemukan di Indonesia.

Apa Itu Ransomware?

Ransomware pada dasarnya meliputi jenis-jenis malware tertentu yang dapat mencuri data pribadi dan data penting pribadi maupun suatu lembaga. Perangkat lunak ini dapat mengenkripsi dan mengubah data setelah masuk ke sistem, jaringan, atau server komputer tanpa penggunanya ketahui. Aksi pencurian data seperti ini menguntungkan bagi pihak pelaku dalam bentuk uang.

Serangan Ransomware ke sistem komputer pribadi ataupun suatu lembaga nantinya berujung pada permintaan tebusan uang dari korban yang dicuri datanya. Permintaan uang tebusan akan disertai ancaman berupa penahanan, penghapusan, atau pemublikasian data tersebut. Sama halnya seperti hacker yang meminta uang tebusan pada PDN.

Begini cara kerja Ransomware yang kompleks dan dapat mengakibatkan kerugian besar pada korbannya:

  • Virus lebih dulu menyusup pada sistem, jaringan, atau server komputer dengan bermacam-macam cara cyber attack.
  • Cyber attack atau serangan siber biasanya dalam bentuk phishing, penyerangan terhadap perangkat lunak yang belum diupdate, dan sebagainya.
  • Modus penyerangan ini dapat melalui tautan pada situs-situs tertentu, pesan singkat, hingga email.
  • Bila terjebak ke dalam phishing, tautan asing, atau lainnya virus akan menyebar dan tertanam di dalam sistem komputer atau HP.
  • Pelaku kemudian mulai beraksi dengan menargetkan jenis data penting (foto, video, dan dokumen penting) yang mereka enkripsi supaya bisa dipindai.
  • Pelaku kemudian melakukan pengubahan kunci enkripsi data supaya perangkat komputer tidak bisa mendeteksi adanya kecurigaan dan aktivitas asing ini.
  • Setelah sukses mengenkripsi data, pelaku mulai meminta tebusan finansial kepada pemilik perangkat dan data tersebut melalui sejumlah ancaman.

Jenis-jenis Ransomware yang Sering Dijumpai

  1. LockBit

Apa itu Ransomware attack dan jenis-jenis Ransomware itu sendiri perlu diketahui agar kita lebih waspada terhadap perangkat lunak berbahaya ini. LockBit adalah salah satu yang banyak dijumpai di Indonesia, yakni jenis Ransomware yang menahan data pengguna perangkat. Penyebarannya melalui tautan palsu, email, atau perangkat yang belum penggunanya perbarui.

  1. Locky

Jenis Ransomware ini juga diketahui banyak tersebar di Indonesia, khususnya melalui email agar mudah masuk ke sistem komputer korban. Pelaku kemudian akan mengenkripsi data-data pada komputer milik korban ketika korban sudah terjebak. Seperti motif pelaku pada umumnya, mereka akan meminta tebusan, tapi dalam bentuk Bitcoin atau data akan dihilangkan.

  • Lockers

Khusus jenis Ransomware ini, pelaku tidak melakukan enkripsi data, namun menghalangi pengguna untuk masuk dan mengakses data di perangkatnya sendiri. Data tidak bisa diakses penggunanya sendiri karena pelaku sudah mengunci layar perangkat. Untuk pengguna bisa mengakses kembali, maka ia harus mengirimkan uang tebusan agar kunci segera dibuka.

  • Luna Moth

Luna Moth adalah tipe Ransomware yang menarget suatu lembaga atau perusahaan melalui pengiriman email tagihan palsu oleh pelaku. Pengguna perangkat akan mudah terjebak dengan mengeklik email dan tautan yang dikirim pelaku sehingga data akhirnya tercuri. Pemerasan uang kemudian berlangsung dengan permintaan uang tebusan yang sangat besar biasanya.

  • Leakware

Leakware adalah Ransomware yang menargetkan serangan terhadap perusahaan-perusahaan besar dengan mencuri data penting dan kemudian memeras korban. Jika perusahaan tidak mau membayar uang tebusan, pelaku tidak segan untuk mempublikasikan data penting tersebut. Leakware juga cenderung menyerang pemerintahan karena berpotensi mendapat bayaran besar.

Apa itu Ransomware, cara kerjanya, dan beberapa jenisnya yang banyak dijumpai ini perlu kita pahami. Di tengah Ransomware yang kini diberitakan sedang merajalela dan mudah menyerang dan mengambil data pribadi dan penting, tingkatkan keamanan perangkat. Beri proteksi lebih kuat pada perangkat yang digunakan setelah mencari tahu apa kelemahan sistem perangkat. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %